Ticker

20/recent/ticker-posts

Advertisement

MAKALAH METODIK KHUSUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Daftar Isi [Tampil]

 


Secara umum metode dapat diartikan cara mengerjakan sesuatu, baik yang baik atau yang tidak baik dan tergantung pada beberapa fraktor yang mungkin berupa situasi dan kondisi.

Metode berasal dari bahasa Yunani terdiri dari kata “meta” yang berarti melalui dan “hodos” berarti jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui.

Dalam pembahasan metode pendidikan khususnya Islam, kita perlu melihat semua aspek dari kegiatan pendidikan dan pengajaran baik dilihat dari pendidik atau anak didik diantaranya:

Ø  Pendidik dengan metodenya harus mampu membimbing, mengarahkan dan membina anak didik menjadi manusia yang matang dan dewasa dalam sikap.

Ø  Anak didik tidak hanya menjadi objek pendidikan atau pengajaran, melainkan juga menjadi subjek yang belajar, memerlukan suatu metode belajar agar dalam proses belajarnya dapat tearah dengan cita-cita pendidik atau pengajar.

Dalam membahas masalah belajar Al-Ghazali lebih menekankan potensi rasio daripada kejiwaan yang lain. intinya Al-Ghazali menekankan pada guru agar memberi nasihat kepada murid dan mengajar itu merupakan jejak dari Rasulullah,dan mendorong murid agar mencari ilmu yang bermanfaat, dan disamping itu juga seorang guru harus memberi teladan kep[ada para murid-muridnya.

Ibnu Khaldun menganggap bahwa akal pikiran manusia itu bersifat terbatas di dalam proses belajar yang banyak bergantung pada bimbingan dan petunjuk dari Tuhan.

Dalam pemikirannya Ibnu Sina Metode yang harus diperhatikan yaitu anak harus dijauhkan dari kemarahan, takut, sedih serta kurang tidur.

Sedangkan menurut Muhammad Abduh sekolah dasar negeri hendaknya mengajarkan kecuali membaca, menulis, berhitung serta pendidikan agama dan moral dan sekolah-sekolah khusus untuk mendidik para ulama hendsaknya diberi mata pelajaran yang luas, tidak hanya agama tetapi pelajaran umum juga.

Di dalam Al-Qur’an terdapat banyak gaya bahasa atau uslub yang mengandung nilai metodologis dalam pendidikan dan proses-proses pendidikan dan pengajaran diantaranya:

Ø  Pendekatan psikologis

Ø  Pendekatan sosio cultural

Ø  Pendekatan scientific

Al-Qur’an sebagi sumber ilmu pendidikan Islam mengandung implikasi-implikasi metodologis yang komprehensif mencakup semua aspek pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia. Aspek-aspek itu kemungkinan pada hakikatnya  tercermin dalam gaya bahasa kitab Tuhan yang bersifat direktif diantaranya sebagai berikut:

1.         Mendorong manusia untuk menggunakan akal pikirannya dalam menelaah dan mempelajari gejala kehidupan sendiri dan alam sekitarnya

2.         Mendorong manusia untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan mengaktualisasi keimanan dan ketaqwaan

3.         Mendorong berjihad fisabilillah

4.         Allah memerintahkan bahwa memeluk islam itu tidak ada paksaan, melainkan atas kerelaan dan kesadaran.

5.         Metode mendidik secara kelompok

Metode pendidikan dengan menggunakan cara instruksional yaitu yang bersifat mengajar yang lebih menitikberatkan pada kecerdasan dan pengetahuan.

Posting Komentar

0 Komentar